Wednesday, April 4, 2018

Kulit Rendang Ayam Crispy dan Auditor SI

Hari-hari ini sedang beredar berita mengenai juri dari program MasterChef UK, Gregg Wallace, yang mengeliminasi salah satu kontestan programnya gara-gara ayam rendang yang dibuat sang kontestan, kulitnya tidak garing (???) dan membuat orang-orang Malaysia dan Indonesia kesal.

Sudah jelas juri ini kurang paham apa itu ayam rendang, sehingga penilaiannya pun salah. Hal seperti ini yang dapat terjadi jika penilai kurang memahami apa yang dinilai. Ini adalah hal penting bagi auditor SI: auditor jangan melakukan pemeriksaan terhadap sesuatu yang ia kurang paham.

Jika mengacu kepada standar audit dari ISACA, Standar 1006 Proficiency antara lain menyatakan bahwa auditor harus memiliki pengetahuan yang cukup terkait objek audit serta kompeten untuk melakukan audit yang akan dikerjakan. Ini adalah persyaratan dari ISACA yang diwajibkan untuk dipenuhi (mandatory requirements). 

Berdasarkan hal itu, jika auditor kurang memahami objek audit, auditor tersebut jangan menjadi lead auditor; pihak yang memahami objek audit serta cukup berpengalaman dalam audit terhadap objek audit menjadi auditor utama sedangkan auditor yang pertama tadi menjadi anggota timnya.

Demikian Chef Gregg Wallace, yuk ke Indonesia, makan berbagai macam makanan Padang: rendang ayam, rendang daging, rendang paru, dendeng balado kering, dendeng balado basah, asam padeh bihie, ayam kalio. Setelah itu baru deh bikin penilaian menu apa yang paling enak yak :)

No comments:

Post a Comment